Senin, 16 Februari 2009

DEWA REJEKI

Dalam menyambut perayaan Imlek, kita semua tentu sudah membeli pakaian baru, celana baru, sepatu baru dan semua serba baru. Tidak lupa juga kita memutar lagu imlek dan bermain DHAR..! DHER..! BANG..! (petasan berbunyi). Semua ini kita lakukan untuk menciptakan suasana ceria dan sukacita dalam rangka merayakan imlek.

Dan pada hari pertama imlek (dini hari) sebagian dari kita akan melihat orang tua kita menyiapkan altar dan kemudian mempersembahkan buah dan dupa..

lalu datang seorang anak dengan wajah imut, cerdas dan lucu, menghampiri Mamanya trus bertanya.. "Mama..mama.. kita mau ngapain Ma?"

Dan Mama pun menjawab dengan nada yang penuh kasih, "Kita mau menyambut kedatangan Dewa Rejeki (Chai Sen Ye). Biar dalam tahun ini kita di berkati dengan kesehatan, rejeki dan kebahagiaan yang cukup dan berlimpah".

Itulah awal cerita dimana pertama kali saya mengenal Sang Dewa Rejeki sekitar 18 tahun yang lalu.

Sekarang ini saya baru tahu bahwa menurut mitos orang tionghua ternyata dewa rejeki ada berbagai macam jenis. Ada Fan Li, Bi Gan, Bai Wu Chang, Lu Hai, Guan Yu, dsb.

pada part #1 ini kita akan membahas bagaimana Guan Yu (Guan Xia Di Gong) / Guan Gong di anggap sebagai salah satu dewa Rejeki (bukannya dia lebih cocok jika jadi Dewa Perang???)

Cerita ini berawal ketika Guan Yu memerintah provinsi Jing Zhou. Beliau memerintah provinsi tersebut dengan Adil dan Tegas, dan Rakyat Jing Zhou pun hidup dalam kemakmuran. Sampai akhirnya ketika dia di penggal oleh Sun-Quan, semua rakyat Jing Zhou bersedih dan sebagian besar rakyat di provinsi Jing Zhou mengenang beliau dengan menaruh gambar (potrait) beliau di Rumah mereka.

Cerita ini pun menjadi turun temurun hingga akhirnya dia di Dewa kan oleh masyarakat Tiong Hua.

Sebab itu, di Kepolisian Hong Kong maupun di Gang Mafia Taiwan banyak yang menyembah dewa Guan Kong karena mencerminkan sikap Kesetiaan (loyalitas), Adil dan Tegas.

Dan bagi masyarakat Tiong Hua di sebagian kota di Indonesia (mis: Medan, Batam, dsb) mereka selalu sembayang di keleteng Dewa Guan Gong apabila ingin memulai bisnis baru atau meminta petunjuk bisnis lewat "Tjiam".

Dengan begitu, Dewa GUAN XIA DI GONG pun di kenal sebagai salah satu Dewa Rejeki bukan Dewa Perang.

* Nantikan part Dewa Rejeki #2 "Fan Li, kaya melalui pengolahan bisnis yang benar"


GONG XI FA CHAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar